Selasa, 25 September 2007

Human Resources di India (Lupa Judulnya)

Punya NOVIKA (bukan Navika)
Satu Kalimat:
Semakin langkanya tenaga kerja ahli di India memaksa banyak perusahaan untuk menggunakan banyak cara untuk mempertahanan mereka yang ingin berkembang, antara lain dengan memberikan konseling, kursus on-line, membangun training campus, dan membentuk ikatan kekeluargaan meskipun beberapa perusahaan besar tidak mampu mempertahankan sumber daya manusia tersebut.

6 KAlimat:
Infosys Technologies's Mysore Campus yang merujuk pada kampus di U.S dan eksklusif (dengan food court luas, 96 kamar tamu setaraf hotel, gym, kolam renang dan delapan jalur bowling), merupakan bukti nyata betapa saat ini tenaga kerja ahli di India begitu dihargai. Kampus yang digunakan untuk mentraining para karyawan tersebut merupakan cara yang digunakan Infosys untuk mempertahankan loyalitas tenaga kerja -- mengingat banyak yang menginginkan untuk berkembang-- di tengah kelangkaan tenaga kerja yang saat ini melanda India. Survey dari Mc.Kinsey & Co. mengemukakan bahwa saat ini kurang dari seperempat perusahaan di India mengalami kesulitan dalam mendapatkan tenaga kerja ahli dan memprediksi bahwa di tahun 2010 India akan mengalami penurunan staf kompeten sebesar 500,000 untuk dapat bekerja di perusahaan multinasional. Untuk tetap mempertahankan tenaga kerja yang ada, beberapa cara dilakukan perusahaan-perusahaan, seperti Accenture Ltd (enam tahun lalu hanya memilik 250 pekerja di India dan musim gugur ini diharapkan dapat mencapai 35.000) yang memanjakan pekerjanya dengan memberikan karir konselor per orang dan menawarkan 10.000 kursus online, dari bahasa sampai Harvard Bussiness Classes. Namun banyak pula perusahaan yang meskipun memiliki nama yang cukup besar, seperti IBM, Microsoft, Hewlett-Packard dan Coca-Cola dan dahulu mampu mendapatkan sumberdaya-sumberdaya terbaik, saat ini kehilangan mereka karena gagal mempertahankannya. Salah satu cara untuk mempertahankan loyalitas sumberdaya manusia tersebut adalah dengan mempererat ikatan kekeluargaan, yang berhasil dilakukan oleh Satyam Computer Services (mempekerjakan 42000 tenaga kerja dari semula hanya 9000 dalam waktu hanya empat tahun dan mencapai angka penjualan tahunan 1.46 juta dolar atau meningkat 3 kali lipat).

Tidak ada komentar: