Kamis, 30 Agustus 2007

Perkenalan Psyche bagi peserta pelatihan

Psyche adalah majalah mahasiswa fakultas psikologi yang sudah ada sejak tahun 1989. Pada tahun 2002, Psyche diresmikan menjadi BKSM (Badan Kelengkapan Senat Mahasiswa). Sayangnya, setelah empat tahun berjalan, pada tahun 2006 Psyche mengalami kesulitan regenerasi sehingga dinyatakan vakum. BEM “Inovatif-Optimal” memutuskan untuk memberikan bantuan pada Psyche dengan cara membuat Pokja Psyche yang dibawahi oleh biro Media. Diharapkan, pada kepengurusan lembaga kemahasiswaan pada term depan, Psyche sudah dapat mulai aktif lagi.
Terdapat beberapa perubahan pada Psyche. Perubahan pertama adalah, Psyche akan bergerak melalui internet. Alasan penggunaan internet adalah karena biaya yang murah dan jangkauan yang luas. Manfaat lain yang didapatkan dari penggunaan internet adalah dimungkinkannya peningkatan dari jumlah penulis dan jumlah tulisan karena jadwal publish Psyche dapat diperbanyak (rencananya, situs Psyche akan di update minimal sebulan sekali). Perubahan kedua adalah strategi marketing yang bertopang pada penjualan kualitas tulisan. Jika pada saat Psyche masih berbentuk media cetak sponsor dicari sebelum Psyche dicetak, kini sponsor akan dicari setelah situs Psyche sudah dikenal oleh masyarakat.
Saat ini pengurus Psyche adalah: Ramadion ’05 (Ketua), Disa ’06 (Sekretaris), Fadli dan Disa ’05 (Danus dan Marketing), Mardiana dan Rama ’05 (Pj Content) serta Hara ’05 (Teknikal). Penulis yang kini bergabung dalam workshop menulis dihitung sebagai anggota dan akan mendapatkan sertifikat keanggotaan.
Workshop akan diadakan selama 2 bulan, setelah itu penulis akan mulai menjalankan tugasnya. Penulis memiliki jadwal kerja yang bebas. Tapi, minimal sebulan sekali penulis harus menyumbangkan satu tulisan sesuai dengan kualitas yang didapat selama pelatihan. Tulisan yang pernah dibuat akan dimuat dalam sertifikat yang diterima. Saat ini jumlah peserta penulisan tidak dibatasi karena: 1.) Psyche memang memiliki tujuan memperbaiki kualitas menulis mahasiswa fakultas Psikologi, 2.) selain di Psyche, ada beberapa pihak yang ingin menggunakan tenaga penulis yang sedang dikumpulkan Psyche (contoh: Persepsi milik fakultas Psikologi UI) sehingga Psyche harus memiliki sumber daya yang cukup banyak, dan 3.) diharapkan Psyche dapat menjadi wadah para pecinta dunia tulis menulis di fakultas Psikologi, dan para penulis dapat menjadi pengurus Psyche di masa depan.
Demikian sekelumit tentang Psyche. Semoga dapat menjadi sumber motivasi.

-Dion-

Tidak ada komentar: