Minggu, 14 Oktober 2007

tugas psyche

Pengumuman ini ada 3 bagian. Hang on, bro. pertanyaan tujukan pada dion.

untuk yang artikel bolos:
kita harus buat kuesioner besar. Maksudnya begini, kan ada berbagai aspek bolos yang akan kita bahas. Tapi, aspek satu bersinggungan dengan yang lain. Misal, aspek bolos eksternal-non aksidental-kegiatan-lain-diluar-kampus (dekari cs) bersinggungan dengan aspek bolos eksternal-non-aksidental-bagian-psikologi-yang-paling-sering-dibolosi (taufan cs) karena mungkin seorang mahasiswa akan bolos mementingkan kegiatan lain diluar kampus karena ia memang tidak suka kuliah yang diberikan bagian psikologi tertentu (misal: pio).
Nah, berarti kelompok dekari cs akan butuh data taufan cs dan sebaliknya. So, akan lebih baik kalau daripada dekari cs dan taufan cs buat kuesioner masing-2, dekari cs, taufan cs dan SEMUA PENULIS lain membuat SATU KUESIONER BESAR yang saling berkaitan satu sama lain.
Masalahnya, kita udah telat banget dan sekarang lagi libur (target yang udah ngaret banget adalah sebelum libur lebaran berakhir, kuesioner udah jadi). Jadinya lagi, kita akan menggunakan teknologi.
Gimana? Here it goes.
Pertama, kalian buat kuesioner untuk aspek kalian. DEADLINE: Internal aja, maksudnya buat deadline sendiri.
Kedua, kalian kirim kuesioner kalian ke ramaximus_dionius@yahoo.com. DEADLINE, rabu jam 9 pagi.
Ketiga, gue akan kirim semua kuesioner yang gue terima ke lo-lo pada. DEADLINE, rabu jam 10 pagi.
Keempat, lo buat kuesioner besar VERSI lo. Caranya, 1) satuin semua kuesioner yang lo dapet. 2) hapus pertanyaan-2 yang sama kecuali yang paling efektif menanyakan masalah itu >misal, dion, taufan dan rama menanyakan hal yang sama. Tapi, cara rama bertanya paling tepat, contoh, menggunakan skala sikap. Pertanyaan dion dan taufan di hapus saja<. 3) buat kaitan antara pertanyaan yang mungkin punya sambungan >misal, lihat contoh paling atas yang dekari cs dan taufan cs. Buat pertanyaan tambahan: apakah anda pernah sengaja membolos untuk kegiatan diluar kampus memang karena anda tidak menyukai mata kuliahnya? Mata kuliah apa? Apakah anda menggunakan semua jatah tidak masuk anda di mata kuliah itu untuk kegiatan di luar kampus?<. 4) komentari hal-2 yang perlu dikomentari.
Kelima, kirim kuesioner versi lo itu ke gue. Deadline: kamis jam 10 pagi.
Keenam, gue akan menggabungkan semua kuesioner versi lo jadi satu kuesioner besar. Deadline: kamis jam 10 malam.

Akhirnya, kita punya kuesioner besar. Sori kalau terlihat jadi merepotkan, tapi kerjaan ini harusnya ga ada kalau anak bolos pada datang di kamis tgl 4 okt atau pas kamis tgl 11 okt. tapi jangan mempermasalahkan masa lalu. Mari kita melihat dan melangkah ke depan. Plis kerjasama yang baik, bro!!!

Oya, evan ngajak ketemuan anak bolos hari jumat (libur ini) jam 10 pagi. Seenggaknya satu orang dari satu aspek dateng. Gimana? Harap konfirm pas lo kirim kuesioner kalian.

untuk yang ramal:
inilah topik yang akan dibahas:
Lora dan Tisa: Sejarah dan Media (jadi sejarah dari tiap media plus deskripsi dan info tentang media-media tersebut). Media yang dibahas: tanggal lahir, tulang, kartu >tarot sampai digunakan Jung dan kartu biasa<, garis tangan, teh/kopi, bentuk wajah, bola kristal. Gunakan sumber yang reliable yah. Oh, yeah!!!
Silmy dan Disa: dunia ramal dan hubungan dengan psiko ui.
Sub topik: a) peramal di psiko ui: bimo ext., tazki ‘07, Dewa Bintamur, mas Ivan.
b) tarot dalam konseling.
c) pandangan mahasiswa psiko: tidak percaya atau percaya (kalau percaya, jadi panutan atau cukup tau aja) <<<< Fadli: Ramalan, ilmiah atau ga ilmiah.
Sub Topik: a) apakah ramalan terbukti karena sugesti?
b) apakah ramalan punya norma? Karena ada yang punya norma, seperti shio cina (tanya mas adih)
c) data statistik? (gue lupa ini maksudnya apa. Ada yang bisa bantu fadli?)
d) ada/ga ada norma.
Dion (I’m f*cked!!!): ramalan dalam dunia psikologi
sub topik: self fulfilling prophecy
kemampuan persuasi (lupa ini maksudnya apa. Ada yang bisa bantu gue?)
kasus (lupa ini maksudnya apa. Ada yang bisa bantu gue?)
dejavu=ramal (lupa ini maksudnya apa. Ada yang bisa bantu gue?)
>>>gue keliatannya ngoyo, ya? Tapi ini adalah link yang harus dibuat agar tulisan tentang ramalan ini jadi sebuah kesatuan.

3. untuk semua:
a. kira-2 kita ngasih reward untuk pengisi kuesioner apa, ya? Gue mikir, kasih coklat 500an (chacha kecil) dan pulpen 1500an. Kan kuesionernya bakal lumayan tebel tuh. Gmn?
b. tolong buat skenario hipotesis. Apaan, tuh? Singkatnya, abstrak untuk artikel kalian, tapi masih minus data. Jadinya, macam kerangka gitu deh. so, kalian akan tahu apa yang akan kalian tulis DAN akan membantu pembuatan kuesioner juga. Gue akan kasih ke mas adih untuk dibaca-2. Deadlinenya hari kamis jam 10 pagi, ya. (untuk ramal, yang subtopiknya mau dibuat artikel sendiri-2, buat skenario hipotesisnya sesuai banyaknya artikel)

Contoh: (punya gue)
Satu kalimat: seberapa sering mahasiswa bolos kuliah karena tidak sengaja dan adakah usaha untuk memperbaikinya?

Enam –atau berapapun— kalimat: (inget, gue baru punya data setelah kuesioner balik dan setelah wawancara. So, isinya ga konkrit gapapa. tapi, ketidakkonkritan itu akan terbayar setelah kita hunting data).

1. apa saja jenis bolos dengan alasan tidak sengaja yang dilakukan mahasiswa? Sejauh ini yang diketahui adalah: ketiduran, lupa, terlambat, sakit, halangan transportasi.
2.apa strategi yang dilakukan? Berhasil atau tidak? Jika tidak, kenapa?
3.apakah jenis bolos ini berkaitan dengan jalannya semester? Misal, apakah bolos accidental 4.terjadi paling banyak di awal semester lalu makin menurun seiring jalannya waktu?
5.seberapa sering hal itu terjadi? Pernahkah faktor diatas terjadi tapi tetap bisa masuk? Kenapa?
6.apa kesimpulan yang dapat diambil?

Tidak ada komentar: